Resep Nasi Goreng Jadul

Sejarah Nasi Goreng Jadul



Nasi Goreng Jadul atau nasi goreng klasik merupakan salah satu menu makanan yang telah terkenal di Indonesia sejak lama. Makanan yang satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Nasi goreng jadul pertama kali ditemukan pada masa kolonialisme Belanda di Indonesia. Pada saat itu, para tentara Belanda merasa bosan dengan makanan mereka yang sudah biasa. Akhirnya, mereka mencoba membuat nasi goreng dengan bahan-bahan yang ada di Indonesia. Sejak saat itu, nasi goreng jadul menjadi populer dan menjadi salah satu menu makanan kebanggaan Indonesia.


Bahan-Bahan



- 2 piring nasi putih
- 2 butir telur ayam
- 2 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 2 buah cabai merah
- 1 buah tomat
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm garam
- 1/2 sdt merica
- Minyak goreng secukupnya


Cara Membuat



1. Pertama-tama, persiapkan semua bahan yang dibutuhkan.
2. Iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan tomat. Sisihkan.
3. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
4. Masukkan telur dan aduk hingga matang.
5. Tambahkan cabai merah dan tomat. Aduk hingga layu.
6. Masukkan nasi putih dan aduk hingga merata.
7. Tambahkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica. Aduk hingga rata.
8. Angkat dan hidangkan di atas piring.


Informasi Nutrisi



- Kalori: 426 kalori
- Lemak: 13 gram
- Protein: 11 gram
- Karbohidrat: 68 gram
- Serat: 2 gram
- Gula: 6 gram
Nasi goreng jadul tidak hanya enak, tetapi juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Nasi goreng jadul mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga memberikan energi untuk tubuh. Selain itu, nasi goreng jadul juga mengandung protein yang cukup dan serat yang baik untuk pencernaan. Namun, karena mengandung garam dan lemak yang tinggi, sebaiknya nasi goreng jadul tidak dikonsumsi secara berlebihan.


Kesimpulan



Nasi goreng jadul merupakan salah satu menu makanan yang telah terkenal di Indonesia sejak lama. Makanan ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan menjadi salah satu menu makanan kebanggaan Indonesia. Resep nasi goreng jadul cukup mudah dibuat dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selain enak, nasi goreng jadul juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun, karena mengandung garam dan lemak yang tinggi, sebaiknya nasi goreng jadul tidak dikonsumsi secara berlebihan.

close